Rabu, 24 Februari 2016

Remaja dan Kita

Kapan kita pertama kali mendengar kata
'Pacaran'
'Naksir-naksiran'
Saya sendiri kelas 2SD. Mendengar teman cerita si anu pacaran dengan si anu. Si anu naksir si anu, si anu naksir si anu. Belum lagi yg ngga ada angin ngga ada badai tau-tau diledekin aja pacaran sama si anu (ini yg bikin bete warbiyasah, matiin pasaran, bikin yg dikeker salah paham haha).... itu dimulai dari kelas 2SD.... tahun 90-an loh....
Jadi ngga usah terlalu shock deh kalau bocah kelas 2SD ini pulang sekolah cerita temannya pacaran sambil senyum-senyum.... tanggapi dengan ringan.... jelaskan dengan bahasa yg mudah dia mengerti....seperti obrolan antar teman. Karna kalau kamu mengelak, dia akan mencari informasi ditempat lain.
Pergaulan anak sekarang mengkhawatirkan?
Masa?
Anak SMP memberikan kado valentine, viral, heboh...dishare dengan capture 'prihatin, kelakuan anak jaman sekarang'.
Anak SMA hamil diluar nikah, melahirkan dikebun, rame.... dishare dengan... ahh sudahlah....
Pertanyaan berikutnya, kapan kamu benar2 tau 'pacaran'? Saya sendiri SMP, melihat teman-teman yg katanya 'jadian', tapi ngobrol sekalimat aja kaya maling mau gondol jemuran, plengak plengok takut kalau2 ada guru yg lewat. Lalu kapan kamu tau istilah valentine? Saya juga SMP (meskipun ngga ada cowok yg kasih kado hahaha), tapi cukup lah melihat beberapa teman cewek dapat kado dari pacarnya yg saya anggap pemborosan, duit masih minta ortu juga gaya2an ngasih cewek kado grin emotikon.
Jadi para orang tua.... ngga usah merasa jadi generasi suci.... hanya karna kelakuan kita tersembunyi dengan rapi, sementara generasi muda sekarang dunianya terlalu terekspose media sosial.
Jaman kita, yg pacaran banyak, yg ciuman ada... yg hamil juga ada..... hanya saja, kita belum bertemu tekhnologi yg bernama internet, jadi aib-aib itu tidak tersiar ke seluruh nusantara dengan mudahnya. Bener ngga?
Jangan sampai kita menjadi.orang tua yg merasa masa kecil paling bahagia, rajin share berita kenakalan remaja, tapi lupa memeluk dan berbicara akrab dengan anak kita sendiri.
Karna menjadi orang tua itu ngga ada sekolahnya, tapi bisa belajar dari mana saja, bahkan jika harus bercermin pada diri sendiri.
Ini ditulis bukan karna saya merasa orang tua hebat, hanya supaya saya punya hutang ucapan yg harus dipegang (bahkan bisa dicapture). Anak makin besar, mama makin puyeng grin emotikon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...