Minggu, 29 Mei 2011

6 Cara Memasak

1. Mengukus
Mengukus mampu pempertahankan rasa dan kandungan dari abahn makanan yang diolah. Teknik mengukus juga mampu mempertahankan kandungan anti oksidan lebih banyak dibandingkan dengan teknik merebus maupun menggunakan microwave. Proses memasak terlalu lama membuat vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B dan C akan hilang. Contoh, brokoli yang direbus akan kehilangan vitamin C sebanyak 60%, sementara bila dikukus hanya hilang 20%.

2. Merebus
Teknik merebus banyak membuat zat gizi hilang. Menyiasatinya, gunakan sedikit air ketika merebus dan hindari merebus dalam waktu lama.



3. Microwave
Menghilangkan antioksidan dalam bahan makanan yang diolah, karena itu sebaiknya hindari cara memasak dengan menggunakan alat ini.

4. Memanggang
Salah satu teknik memasak yang mampu mempertahankan kandungan gizi dengan baik. Selain itu, sangat minimal dalam menggunakan tenaga.

5. Menumis
Mampu mempertahankan kandungan gizi dengan baik karena proses memasaknya cepat dan tidak menggunakan api yang tinggi dlaam waktu lama. Kandungan zat gizi dalam bahan makanan akan hilang bila dimasak dalam waktu lama dan dengan panas tinggi.

6. Menggoreng
Sebaiknya minimalkan memasak dengan menggoreng karna menggoreng dapat meningkatkan kadar kolesterol pada makanan yang dapat menimbulkan penyakit bila dikonsumsi terlalu sering/berlebihan. Jika terpaksa menggoreng, gunakan minyak yang sehat seperti minyak jagung, minyak bekatul atau minyak zaitun. Gunakan juga jenis minyak tersebut untuk menumis.

Sumber : Nakita NO. 623/TH.XII/7-13 Maret 2011

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...