Selasa, 08 November 2011

Tips Memperlakukan Pakaian

Mengurus pakaian adalah pekerjaan sehari-hari kita sebagai Ibu Rumah Tangga. Beberapa tips dibawah semoga bisa membantu para Ibu dalam mengurus pakaian keluarga.


Pengganti Kapur Barus di Lemari

Biasanya nih, kita menggantung kamper atau menaburkan butiran kapur barus di dalam lemari untuk mencegah ngengat merusak pakaian sekaligus mengharumkan lemari. Sebenarnya harum dari bunga alami lebih harum dan lumayan tahan lama juga loh.

Taburkan saja beberapa kuntum melati atau mawar di lantai lemari gantung, ata uselipkan di sela lipatan pakaian di lemari bentuk rak atau serakkan begitu saja dalam lemari. Harumnya akan tercium saat lemari dibuka, lebih segar dari pada aroma kapur barus. Pakaian pun akan harum tahan lama seharian


Membersihkan kotoran pada kerah/leher baju

Kerah sering susah banget dibersihkan, aplagi kerah kemeja putih. Karna kotoran yang menempel pada kerah bercampur dengan keringat, Kadang-kadang untuk bisa bersih dengan lebih cepat kita menggunakan sikat pakaian ya untuk membersihkannya, tapi menyikat membuat kerah lebih cepat rusak karena terkena sikatan.

Cara cepat melunturkan kotoran yang menempel pada kerah pakaian adalah dengan  merendamnya di air hangat yang sudah dibubuhi detergen beberapa saat. Setelah airnya dingin, cuci pakaian seperti biasa. Kucek bagian kerahnya. Pakaian pun bersih cemerlang


Sabun untuk mencuci sutera

Bahan dari sutera termasuk yang perlu sedikit perhatian lebih ya, bahannya yang tipis, halus dan mahal membuat kita harus berhati-hati dalam mencucinya. Agar warna dari bahan jenis sutera ini tidak pudar, bisa menggunakan daun waru atau klerek. Tapi jika keduanya sulit didapatkan, bisa menggunakan shampo.

Caranya, rendam bahan sutera pada air yang sudah diberi shampo, diamkan beberapa saat lalu kucek perlahan.


Agar pakaian dalam koper tidak kusut

Saat melakukan perjalanan biasanya kita kuatir pakaian kita yang sudah ditata rapi di dalam koper jadi kucel karna dilipat. Ngga asik banget ya pakai baju kucel. Untuk menghindarinya setelah pakaian disterika sisipkan 1-2 lembar koran saat melipatnya, lalu susun rapi dalam koper. Maka kemeja, rok, tetap licin saat dan tidak perlu disetrika ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...