Jumat, 18 Februari 2011

Atasi Baby Blues

Sekitar 90% ibu pasca melahirkan mngalami baby blues, yaitu munculnya perasaan sedih dan emosi yang labil pada minggu-minggu pertama setelah melahirkan. Ibu merasa bahagia, tapi menit berikutnya ibu bisa berubah panik dan menangis mendapati dirinya kelelahan atau harus diam dirumah mengurus bayinya. Ibu merasa sedih, mudah tersinggung, marah lelah, atau moody. Baby blues biasanya hanya berlangsung beberapa hari, tetapi juga bisa berlangsung 1-2 minggu.

Mengapa ini terjadi? Lonjakan emosional ini merupakan efek alami dari perubahan hormon. Tingkat estrogn dan progesteron yang meningkat selama kehamilan tiba-tiba turun setelah melahirkan. Semua itu dapat mempengaruhi suasana hati. Begitu kadar hormon normal kmbali, baby blues biasanya hilang dengan sendirinya tanpa perlu perawatan obat-obatan.
Apa yang harus dilakukan? Istirahat cukup, makan bergizi dan yang penting adalah dukungan dari pasangan. Rasa lelah dan kurang tidur dapat memperkuat perasaan sedih. Untuk mengatasi baby blues, ibu baru sebaiknya juga didukung dan dibantu keluarga dan teman-teman.
Ngobrol dengan orang dekat atau ibu-ibu baru lainnya dapat membantu anda merasa didukung. Anda tidak perlu menahan air mata jika merasa perlu untuk menangis. Akan tetapi coba untuk tidak memikirkan hal-hal sedih. Biarkan baby blues brlangsung dan anda mlewatinya.
Luangkan waktu untuk diri sendiri
minta bantuan keluarga atau suami untuk bergantian mengasuh si kecil. Dengan begitu anda mendapatkan waktu untuk diri sendiri. Misalnya mandi air hangat, bersantai, jalan-jalan di sekitar rumah, mendengarkan musik, menonton film, atau mengunjungi teman.
Membaca sesuatu yang membangkitkan semangat.
Sejak mengalami baby blues, anda mungkin sulit untuk berkonsentrasi. Pilihlah kegiatan ringan dan positif untuk mengalihkan perasaan galau: membaca buku atau artikel yang mmnggugah semangat dan motivasi, misalnya.
Manjakan diri dengan aktivitas sederhana lainnya
mendengarkan musik sambil menikmati secangkir the dapat menghindari perasaan-perasaan negatif.
Berada di antara orang-orang terdekat
mintalah keluarga atau pasangan untuk menemani anda. Dengan begitu anda merasa nyaman dan tidak merasa sendirian dan kesepian.
Istirahat
istirahat penting diperhatikan. Sempatkanlah tidur tenang dan nenyak sehingga kondisi tidak turun. Minta bantuan pasangan/kerabat/pengasuh untuk menjaga si kecil kala anda beristirahat.
Olah raga ringan
paling tidak, lakukan jalan kaki selama 20 menit untuk membantu meningkatkan mood positif.
Bersabarlah dan optimis.
Mungkin dibutuhkan waktu lebih lama dari perkiraan untuk mencapai perasaan yang lebih baik dalam mengatasi baby blues. Namun begitu, kuncinya adalah sabar dan optimis.

Sumer : Tabloid Nakita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...